11.11.4635 AHMAD THORIK
11.11.4676 MUHAIMI HILMAN SANTOSO
11.11.4640 EKO FEBRIA FERI CAHYONO
08.11.1901 DANI
11.11.4619 AJI GURUH PRASETYA
Pertanyaaan :
1. Apakah yang dimaksud dengan interface dalam
pemrograman berorientasi obyek ?
2. Apakah yang dimaksud dengan class dalam
pemrograman berorientasi obyek ?
3. Apakah yang dimaksud dengan object dalam
pemrograman berorientasi obyek ?
4. Berikan contoh interface, class dan object
(dengan java) ?
Jawaban :
1. Interface
adalah kumpulan method yang hanya memuat deklarasi dan struktur method, tanpa
detail implementasinya. Sedangkan detail dari method berada pada class yang
mengimplementasikan interface tersebut. Interface digunakan bila Anda ingin
mengaplikasikan suatu method yang spesifik, yang tidak diperoleh dari proses
inheritance. Tipe data yang boleh pada interface hanya tipe data konstan.
Contoh:
interface mouseListener
public class swingApps extends
JFrame implements mouseListener
{.....
public void mouseMove(MouseEvent e)
{}// method kosong dari interface
}
2. Class
adalah suatu frame yang merupakan definisi yang memuat data dan metod pengolah
data. Class juga dapat diartikan sebagai tempat untuk membuat obyek. Di dalam
class dideklarasikan variable dan method yang dimiliki oleh obyek. Proses
pembuatan obyek dari sebuah class disebut dengan instantiation. Jadi obyek
merupakan hasil instansiasi dari class. Obyek disebut juga dengan instance.
Class memiliki anggota yang disebut
Anggota Class (class member).
Anggota Class terdiri dari :
1. atribut
2. method.
Tiap anggota class memiliki kontrol
pengaksesan tersendiri, artinya apakah anggota tersebut dapat diakses dengan
bebas (tipe public) atau hanya dapat diakses melalui sebuah interface.
Contoh :
class BilanganRasional
{
public :
void assign (int,int);
void cetak();
private :
int pembilang, penyebut;
};
3. Objek
adalah sesuatu yang memiliki identitas (informasi tentang dirinya) dan tingkah
laku (apa yang dapat dilakukan) contoh objek dalam dunia nyata adalah rumah,
sepeda, motor, manusia, hewan dll. Identitas dari suatu objek adalah informasi tentang
dirinnya sebagai contoh: adalah objek Hewan memiliki indentas berupa nama,
jenis, tangan, kaki, mata dll, tingkah laku dari objek hewan adalah berjalan,
berlari, tidur dll.Dalam pemrograman identitas dapat dikatakan sebagai
properties, sebagai contoh membuat program multimedia berupa share video,
objeknya berupa video yang mempunyai identitas berupa nama video, size video,
format file dan jenis video. Untuk tingkah laku disebut sebagai methode.
• Obyek diciptakan dengan perintah
new.
• Misal akan diciptakan obyek baru
dari class mobil dengan nama mobilku
• Maka perintah penciptaan obyek
mobilku dari class Mobil :
Mobil mobilku = new Mobil();
5. Ciri-ciri object !
• Obyek memiliki status (state) dan
tingkah laku (behavior).
• Status (state) disebut juga
dengan atribut.
• Contoh obyek : obyek mobil
– Atribut : merek, warna, bahan
bakar.
– Method : pindah persnelling,
kecepatan bertambah, dll.
• Pada OOP : status disimpan dalam
variabel, dan tingkah laku disimpan dalam method.